Dekan FMIPA UNEJ Membuka dan Melantik Mahasiswa Baru di PPMB FMIPA Universitas Jember Tahun 2024

Bertempat di lapangan parkir FMIPA UNEJ, Prof. Drs. Dafik, M.Sc., Ph.D. membuka secara resmi pelaksanaan Pembinaan dan Pengembangan Mahasiswa Baru (PPMB) FMIPA Universitas Jember tahun 2024 (21/9). “Dengan PPMB, mahasiswa akan dibekali kemampuan akademik dan non akademik oleh dosen pembina juga ormawa yang ada di FMIPA,” awalnya. Dekan FMIPA UNEJ berharap PPMB akan menjadikan mahasiswa FMIPA yang bisa ambil bagian dalam Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. “Bekal PPMB 2024 saya harap akan membuat mahasiswa berperan dalam SDGs yang dicanangkan pemerintah Indonesia saat lepas kuliah dari FMIPA UNEJ,” ujarnya.

Prof. Dafik juga kembali ingatkan keinginan FMIPA menjadikan lulusan mahasiswanya meraih 3,5 pangkat 4. Yang pertama adalah sebisa mungkin 3,5 tahun mahasiswa FMIPA bisa ujian skripsi, yang kedua semaksimal mungkin mendapatkan IPK 3,5 untuk bersaing dengan kompetitor di dunia kerja. “3,5 selanjutnya adalah 3,5 bulan masa tunggu lulusan FMIPA mendapatkan kerja dan yang terakhir 3,5 juta adalah gaji pertama yang didapat lulusan FMIPA,” harap Dekan. Hadir dalam upacara pembukaan, Wakil Dekan II dan III, para dosen pembina yang akan mendampingi PPMB FMIPA 2024.

Peserta PPMB 2024 akan diberikan pembekalan materi tentang PKM, materi ONMIPA, PPK ORMAWA, materi prestasi dan materi pembimbingan PKM. Expo tiap UKM di FMIPA akan ditampilkan untuk menarik minat mahasiswa baru. PPMB 2024 akan berlangsung tiap hari sabtu mulai 21 September hingga 19 Oktober 2024. “Tiap UKM akan diberikan sesi presentasi di kelas dan expo UKM untuk mengenalkan profil agar peserta bisa memilih dan bergabung sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki,” ujar Mahasiswa panitia PPMB 2024.

Untuk melatih kerjasama antar mahasiswa baru, Panitia PPMB 2024 mengadakan kegiatan outbound sederhana. “Kita juga akan melatih kekompakan dan kerjasama melalui agenda outbound dengan permainan sederhana yang kita agenda pada minggu ke-3 hingga minggu ke-5,” ungkap panitia PPMB 2024. Wakil Dekan III FMIPA Dr. Edy Supriyanto, S.Si., M.Si. berpesan agar mahasiswa baru FMIPA mengikuti PPMB 2024 dengan baik dan tetap menjaga kesehatan. “Kami panitia, sedemikian rupa mengatur jadwal PPMB 2024 agar tidak menganggu perkuliahan dan berharap mahasiswa bisa selalu sehat dan ceria mengikuti acara,” jelasnya.

Dokumentasi PPMB FMIPA 2024