Kimia FMIPA UNEJ Gelar 6th Internasional Conference on Chemistry and Material Science (IC2MS) 2024

Jurusan Kimia FMIPA UNEJ selenggarakan International Conference on Chemistry and Material Sciences (IC2MS) Tahun 2024 dengan menggandeng Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang dan Universiti Teknologi Mara (25-26/9). Tema yang diangkat “Sustainable Chemistry and Material Sciences for Better Life“. Bertempat di Gedung Soetardjo, Universitas Jember hadirkan keynote speaker dari luar juga dalam negeri. Prof. Spas D Kolev dari Australia, Prof. Ts Dr.-Ing. Oskar Hasdinor Hassan dari Malaysia, Prof. Yun-Hi Kim dari Korea, Dr. Verawat Champreda dari Thailand, Prof. Brian Yuliarto dari ITB dan Prof. Bambang Kuswandi sebagai tuan rumah Universitas Jember.

The 6th IC2MS 2024 juga hadirkan10 invited speaker yaitu Dr.Sc. Lukman Hakim dari UB, Prof. Surjani Wonorahardjo dari UM, Assoc. Prof. ChM. Dr. Noraini Ahmad dan Dr. Umi Marshida Abd. Hamid dari Malaysia, Prof. Seung-Ryeong Kwon, Prof. Juyeong Kim, dan Yoon Seok Min, Ph.D. dari Korea, Eko Setio Wibowo, Ph.D. dari BRIN, Dr. Anton Prasetyo dari UIN MMI Malang dan Prof. Anak Agung Istri Ratnadewi perwakilan Jurusan Kimia FMIPA UNEJ. Selain seminar, The 6th IC2MS 2024 selenggarakan workshop dengan tema “Exploring Chemical Space with DataWarrior: Unveiling the Universe of Molecular Possibilitie“.

Acara dibuka resmi oleh Prof. Bambang Kuswandi selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi Universitas Jember. Dalam sambutan, Warek 4 UNEJ katakan IC2MS merupakan wadah unik bagi para peneliti, ilmuwan, dan profesional industri untuk berbagi temuan terbaru, bertukar ide, dan berkolaborasi. “Dalam wadah itu kita bisa berdiskusi banyak untuk menggugah pikiran, menantang paradigma yang ada, dan menjelajahi penelitian baru,” ujarnya.

Sebelumnya Dekan FMIPA UNEJ Prof. Drs. Dafik, M.Sc., Ph.D. sampaikan selamat untuk Kimia telah berhasil agendakan IC2MS 2024 hingga hadirkan banyak peneliti dalam dan luar negeri. “Dengan banyak peneliti yang hadir akan banyak juga pemikiran inovasi untuk melanjutkan pembangunan berkelanjutan atau yang biasa kita kenal SDGs” ungkapnya. Pada opening ceremony juga dilakukan nota kesepakatan dengan Research Institute Molecular Alchemy (G-Lamp) Gyeongsang National Universitym Korea dengan Universitas Jember juga dengan Kimia FMIPA UNEJ.

The 6th IC2MS 2024 diikuti oleh 55 oral presenter dan 38 poster presenter dari dalam dan luar negeri. Peserta dibagi dalam 3 ruang dengan 2 sesi setiap harinya. Diawali dengan paparan para invited speaker pada awal sesi. Peserta partisipan juga boleh memilih ruang sesuai bidang yang diminati. Sedang poster ditempatkan pada ruang khusus untuk proses penjurian. Untuk workshop dilaksanakan di gedung kewirausahaan Universitas Jember. Prof. Anak Agung Istri Ratnadewi, selaku menutup acara The 6th IC2MS 2024, juga diumumkan best oral presenter, poster presenter dan best participant by vote. Host IC2MS selanjutnya adalah Universiti Teknologi Mara

Dokumentasi The 6th IC2MS 2024