Meriahkan PKKMB, Mahasiswa Baru FMIPA UNEJ Gelar Arak-Arakan

Setelah dua tahun dilakukan secara daring, tahun 2022 ini kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Jember dilakukan secara tatap muka. Kegiatan PKKMB sendiri selalu identik dengan unjuk kreatifitas mahasiswa. Seperti yang dilakukan oleh panitia PKKMB Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Jember yang menggelar arak-arakan mahasiswa baru seusai mengikuti upacara pemlantikan oleh Rektor Universitas Jember (15/8).

Tidak hanya dilakukan oleh mahasiswa baru FMIPA, arak-arakan juga dilakukan oleh mahasiswa baru dari fakultas lain dengan tema masing-masing. Menurut Ketua Panitia PKKMB FMIPA, M. Syamsul Arifin, arak-arakan ini sengaja dilakukan untuk meramaikan acara PKKMB Universitas Jember 2022 dan juga untuk memudahkan mahasiswa baru dalam membangun relasi ke depan. Menurutnya, dengan melakukan arak-arakan ini maka diharapkan terjalin pertemanan diantara 368 mahasiswa baru FMIPA tahun 2022.

”Inilah salah satu kesempatan bagi mahasiswa baru untuk membangun relasi dengan cara mencari teman,“ ujar Syamsul Arifin. Mahasiswa Program Studi Matematika ini lantas menambahkan bahwa arak-arakan ini juga merupakan bentuk tidak langsung dalam pengenalan lingkungan kampus kepada mahasiswa baru. Untuk diketahui Universitas Jember menyelenggarakan PKKMB 2022 yang diawali dengan Upacara Pelantikan Mahasiswa Baru dan Pembukaan PKKMB oleh Rektor UNEJ. Selanjutnya diberikan materi kepada mahasiswa baru di fakultas masing-masing dan ditutup dengan jalan sehat dan inagurasi mahasiswa baru.

Sebelum arak-arakan dilakukan oleh mahasiswa baru, panitia telah memberikan briefing terlebih dahulu . “Kami memberikan briefing kepada mahasiswa baru sebelumnya, tepatnya saat kegiatan gladi bersih hari Minggu sore lalu, hal ini supaya tidak ada miskomunikasi antara panitia dengan mahasiswa baru,” imbuh Syamsul Arifin. Untuk diketahui seluruh mahasiswa baru diwajibkan untuk mengikuti gladi bersih sebagai bagaian dari rangkaian PKKMB tahun ini. Sepanjang jalan dari stadion ke kampus FMIPA, arak-arakan mahasiswa baru  didampingi oleh panitia dari fakultas. Pagi itu tampak seluruh panitia  PKKMB FMIPA Universitas Jember 2022 turut mengawasi perjalanan yuniornya. Sementara untuk anggota kepanitiaan ini berasal dari gabungan himpunan mahasiswa jurusan dengan BEM FMIPA.   Sepanjang perjalanan para mahasiswa baru tak henti-hentinya menyanyikan lagu penyemangat dan yel-yel khas FMIPA. “Mahasiswa baru FMIPA tahun ini nampaknya bersemangat dalam menyambut  PKKMB, terbukti mereka berjalan dengan tertib dan penuh keceriaan padahal jarak antara stadion dengan kampus FMIPA,” ujar Syamsul Arifin.